Advertisement

13 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Tinton Obot - Tuesday, 31 January 2023
13 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android
13 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android
Contents [ Buka ]

Kebanyakan Pengguna Android ingin menikmati fitur yang ditawarkan di berbagai aplikasi, baik yang terdapat dalam perangkat Android maupun dari luar. Oleh karena itu, teknologi dan varian Android pun terus berkembang. Namun, ada satu fitur penting yang juga harus dimiliki oleh para pengguna, yaitu kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi HP Android.

Mengapa Orang Menyembunyikan Aplikasi?

Sebenarnya, seseroang ingin menyembunyikan aplikasi dari orang lain melalui HP Android karena berbagai alasan seperti:

1. Untuk Melindungi Konten

Ada beberapa konten yang mungkin ingin disembunyikan dari keluarga, teman, atau pihak lain yang tidak berkepentingan, dan menyembunyikan aplikasi dapat membantu Anda melakukannya.

2. Menjaga Foto Rahasia

Kemungkinan besar, seseorang memiliki foto yang tidak diinginkan orang lain untuk melihat, seperti foto yang bersifat memalukan atau foto dari gebetan. Oleh karena itu, mereka mungkin tertarik untuk menyembunyikannya.

3. Mencegah Pembelian Aneh

Karena tingkat kecerdasan anak jaman sekarang relatif tinggi, mereka biasanya dapat dengan mudah membeli barang-barang online, yang dapat menghabiskan banyak uang. Dengan menyembunyikan aplikasi e-commerce, ini bisa dicegah.

4. Menghindari Pencurian Data

Dengan menyembunyikan aplikasi dari handphone, hal ini bisa membantu menjaga data yang disimpan di dalamnya ketika handphone dicuri.

5. Menyembunyikan Koleksi E-Book Pribadi

Bagi orang yang biasa mengoleksi e-book dalam aplikasi handphonenya, menyembunyikan aplikasi tersebut bisa memastikan privasi yang diinginkan.

6. Mencegah Pembajakan

Untuk menghindari teman-teman yang suka berpura-pura menjadi kita dan melakukan berbagai tindakan, termasuk chat, memberikan foto, dan lain sebagainya pada orang yang kita cintai, maka menyembunyikan aplikasi media sosial akan bermanfaat.

Pengguna Android dapat menggunakan aplikasi bawaan dan download dari Play Store untuk menyembunyikan Aplikasi HP mereka dengan mudah. Setiap merek memiliki tata cara yang berbeda untuk menyembunyikan Aplikasi di HP Android. Berikut ini adalah cara mudah menyembunyikan Aplikasi di HP Android.

Menggunakan Pengaturan Bawaan

Menggunakan Pengaturan Bawaan
Menggunakan Pengaturan Bawaan

Dengan menggunakan pengaturan bawaan pada HP Android, kita bisa dengan mudah menyembunyikan aplikasi. Banyak sekali HP yang memiliki fitur ini dan dapat diakses melalui menu pengaturan. Berikut tips untuk menggunakan pengaturan bawaan pada HP Android tertentu:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Tekan Layar Utama.
  3. Pilih opsi Sembunyikan Aplikasi.
  4. Pilih program yang ingin disembunyikan.

Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Huawei

Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Huawei
Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Huawei
  1. Untuk menyembunyikan Aplikasi HP berbasis Android milik Huawei, lakukan langkah-langkah berikut.
  2. Masuk ke Pengaturan, kemudian klik menu Privasi & Keamanan.
  3. Klik PrivateSpace dan ikuti petunjuk layar untuk mengaturnya.
  4. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin disembunyikan di dalam Perangkat Anda.

Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Samsung

Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Samsung
Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Samsung

Pengguna Samsung bisa membuat aplikasi di HP Android tak terlihat dengan mengklik ruang kosong pada layar HP. Selanjutnya, klik ikon Pengaturan Layar Beranda dan pilih Sembunyikan Aplikasi. Lalu, Pilih aplikasi yang mau disembunyikan dan tekan tombol Terapkan.

Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Xiaomi

Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Xiaomi
Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Xiaomi

Pengguna Xiaomi dapat menyembunyikan Aplikasi HP Android dengan membuka Pengaturan, lalu membuka aplikasi Keamanan, kemudian klik ikon Kunci Aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dan konfirmasi pengaturan aplikasi tersebut.

Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Vivo

Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Vivo
Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android Vivo
  1. Cara menyembunyikan aplikasi di Vivo, yang pertama yaitu buka fitur Quick Menu dengan cara melakukan swipe up dari bawah ke atas.
  2. Setelahnya, pilih menu Hide Icon dan tentukan PIN yang sesuai dengan keinginan.
  3. Selanjutnya kalian dapat memasukkan aplikasi yang ingin disembunyikan.
  4. Kemudian masukkan PIN di Encryption Settings dan semua aplikasi yang dipilih telah berhasil tersembunyi dari layar HP.

Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android untuk Oppo

Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android untuk Oppo
Cara menyembunyikan Aplikasi HP Android untuk Oppo

Untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo, 

  1. Buka Pengaturan dan cari menu Keamanan. Di dalamnya, temukan fitur Enkripsi Aplikasi dan buat kode/password keamanan agar terhindar dari orang yang tidak berhak.
  2. Kemudian, aktifkan "Sembunyikan Icon Layar Depan" untuk menyembunyikan aplikasi dari layar Homescreen. Lalu jangan lupa untuk mengaktifkan Verifikasi Kode Sandi agar lebih aman saat membuka aplikasi.

Menggunakan Aplikasi Penyembunyi Aplikasi

Menggunakan Aplikasi Penyembunyi Aplikasi
Menggunakan Aplikasi Penyembunyi Aplikasi

Untuk langkah berikutnya, Anda bisa menginstal aplikasi penyembunyi dari Google Play atau App Store. Beberapa aplikasi tersebut seperti Nova Launcher, App Hider, dan Vault.

Mode Guest/Tamu

Mode Guest/Tamu
Mode Guest/Tamu

Anda dapat menyembunyikan aplikasi dengan mudah dengan cara menggunakan Guest Account atau mode privat. Fitur ini terdapat pada hampir semua jenis handphone Android. Cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah:

  1. Masuk ke menu pengaturan.
  2. Kemudian, pilih menu Akun dan Cadangan.
  3. Pilih opsi Beberapa Pengguna lalu pilih mode Tamu.

Menggunakan Folder Aman

Menggunakan Folder Aman
Menggunakan Folder Aman

Berikut tata cara menggunakan folder aman pada sebuah Android:

  1. Mulai dengan masuk ke Pengaturan.
    1. Lanjutkan dengan memeriksa fitur keamanan dan biometrik yang tersedia.
    2. Akhirnya, buka Secured Folder untuk menyembunyikan aplikasi yang diinginkan

    Menonaktifkan Aplikasi

    Menonaktifkan Aplikasi
    Menonaktifkan Aplikasi

    Salah satu cara untuk menyembunyikan aplikasi ke-5 adalah dengan mematikan atau nonaktifkan aplikasi. Dengan cara ini, tidak hanya aplikasi yang disembunyikan, tetapi juga melumpuhkan aplikasi yang berjalan secara pasif ataupun dari background.

    App Hider

    App Hider
    App Hider

    App Hider adalah aplikasi yang diandalkan untuk menyembunyikan aplikasi lain. Proses penyembunyian akan berlangsung dengan mudah berkat fitur PIN protection yang terdapat di menu setting. Untuk melindungi setiap aplikasi tersembunyi, kamu juga dapat membuat password.

    Link Download

    App Lock

    App Lock
    App Lock

    Aplikasi App Lock adalah salah satu aplikasi android terpopuler di google Play Store. Cocok untuk menyimpan data dan file pribadi, aplikasi ini dapat menyembunyikan berbagai macam aplikasi di smartphone Anda.

    Link Download

    Private Me

    Private Me
    Private Me

    Private Me dapat menjadi alternatif yang baik ketika kamu ingin merahasiakan aplikasi. Ini merupakan salah satu aplikasi Android yang kompatibel dengan versi-versi Android lama. Hal ini dikarenakan aplikasi ini tidak membutuhkan akses root pada smartphone Android.

    Link Download

    Aplikasi yang disembunyikan dapat memberikan manfaat, namun juga ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan untuk melakukannya. Berikut ini merupakan keuntungan dan kerugian dari menyembunyikan aplikasi:

    Kelebihan:

    1. Mendapatkan perlindungan yang lebih baik dari aplikasi dan file Anda.
    2. Mengamanan informasi sensitif dengan lebih baik.
    3. Memastikan aplikasi tetap terinstal tanpa pembaruan.
    4. Membuat kinerja perangkat lebih cepat (ketika aplikasi non-standar dinonaktifkan).

    Kekurangan:

    1. Membutuhkan ruang memori tambahan untuk aplikasi third-party atau hasil instalasi.
    2. Bisa jadi kehilangan akses ke dokumen yang disembunyikan selamanya bila tidak ingat PIN dan kata sandi yang digunakan.
    3. Kinerja ponsel dapat menurun signifikan ketika menggunakan aplikasi non-standar.
    4. Menyimpan aplikasi atau folder di tempat yang salah.

    Bagaimana cara menemukan aplikasi yang telah disembunyikan di ponsel Anda?

    Semakin banyak aplikasi yang tersedia untuk perangkat seluler kita, tetapi kadang-kadang kita ingin membuat aplikasi tertentu tersembunyi - baik untuk alasan privasi atau hanya untuk mengelola ruang penyimpanan ponsel dengan lebih baik. Meskipun Anda dapat menyembunyikan aplikasi dari lokasi utama, ada kalanya Anda lupa di mana Anda menaruhnya. Berikut adalah cara mudah bagaimana Anda bisa menemukan aplikasi yang telah disembunyikan di ponsel Anda.

    1. Gunakan Pengelola Aplikasi. Banyak ponsel dilengkapi dengan pengelola aplikasi untuk memudahkan pengguna mengelola aplikasinya. Umumnya, pengelola aplikasi bisa melakukan beberapa hal, seperti menghapus aplikasi, mengatur notifikasi, dan yang paling penting, menemukan aplikasi yang telah disembunyikan.
    2. Gunakan Pencarian. Jika Anda ingin cepat menemukan aplikasi yang telah disembunyikan di ponsel Anda, Anda bisa memanfaatkan fitur pencarian. Banyak ponsel menawarkan banyak pilihan pencarian, termasuk pencarian berdasarkan nama aplikasi atau kata kunci. Jadi, jika Anda tahu nama aplikasi yang telah disembunyikan, Anda bisa mengetik nama tersebut ke kotak pencarian untuk menemukan aplikasinya.
    3. Gunakan Aplikasi Manajer File. Jika Anda memiliki aplikasi manajer file, Anda dapat menggunakannya untuk menelusuri folder di ponsel Anda dan menemukan aplikasi yang telah disembunyikan. Beberapa manajer file juga akan menampilkan berbagai info tentang aplikasi, seperti ukuran file dan tanggal pemasangan.
    4. Gunakan Aplikasi Pemindai Penyimpanan. Terkadang aplikasi disimpan dalam folder yang berbeda, tersembunyi di balik layer proteksi yang berbeda. Dalam kasus ini, Anda bisa menggunakan aplikasi pemindai penyimpanan untuk menelusuri folder dan menemukan semua aplikasi yang telah disembunyikan.
    5. Cek Pengaturan. Jika Anda menggunakan sistem operasi tertentu seperti Android, Anda bisa masuk ke menu “Pengaturan” dan cek berbagai opsi, termasuk menu “Aplikasi”. Di sini Anda dapat melihat semua aplikasi yang telah diinstal, lengkap dengan aplikasi yang telah disembunyikan.

    Dengan cara-cara di atas, Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang telah disembunyikan di ponsel Anda. Selamat mencoba!

    Tips & Trik Menjaga Agar Aplikasi yang Disembunyikan Tetap Aman

    Ketika sebuah perangkat seluler menjadi semakin populer, maka aplikasi yang disembunyikan atau tersembunyi memainkan peran penting dalam keamanan Anda. Aplikasi ini biasanya tidak terlihat di layar utama dan digunakan untuk melindungi data pribadi atau membatasi akses ke informasi sensitif. 

    Namun, aplikasi tersembunyi juga bisa menjadi sasaran hacker. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk memastikan aplikasi tersembunyi tetap aman.

    1. Gunakan Kontrol Pengguna Parental: Kontrol pengguna parental memungkinkan Anda untuk mengontrol akses ke aplikasi tertentu. Setelah Anda menyetel kontrol pengguna parental, maka aplikasi tersembunyi tidak dapat berjalan tanpa persetujuan Anda.
    2. Gunakan Fitur Sandi: Desain aplikasi yang disembunyikan agar memerlukan sandi untuk membuka. Ini berarti bahwa Anda harus menandai aplikasi dengan tipe sandi yang sulit ditebak. Jangan lupa untuk merubah sandi secara berkala.
    3. Matikan Pengaturan Tampilan Aplikasi: Beberapa perangkat seluler memiliki pengaturan tampilan aplikasi. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka aplikasi tersembunyi tidak akan muncul di layar utama.
    4. Hapus Aplikasi Tersembunyi Jika Tidak Dibutuhkan: Jika Anda tidak lagi membutuhkan aplikasi tersembunyi, Anda dapat menghapusnya secara permanen. Ini akan mengurangi potensi ancaman bagi keamanan Anda.

    Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi tersembunyi tetap aman. Ingat, keamanan Anda dan data pribadi Anda tergantung pada peningkatan keamanan di perangkat seluler Anda.

    Hal yang harus diperhatikan

    1. Jangan menggunakan aplikasi pemindai kode atau pemutakhiran yang berisi kode rahasia untuk menyembunyikan aplikasi. Beberapa aplikasi ini mungkin menyimpan kode rahasia dan dapat membahayakan privasi Anda.
    2. Jangan berbagi informasi confidential dengan orang lain melalui aplikasi yang disembunyikan. Informasi ini dapat berpotensi merugikan Anda jika orang lain mengetahui informasi tersebut.
    3. Jangan melepas keamanan aplikasi yang tersimpan di telepon seluler Anda. Ini penting karena adanya kemungkinan bahwa orang lain dapat mengakses informasi confidential yang tersimpan di perangkat Anda. Untuk memastikan bahwa informasi Anda tetap aman, pastikan untuk mengaktifkan seluruh opsi keamanan yang tersedia.
    4. Jangan menyimpan data sensitif pada perangkat yang tidak aman. Pastikan untuk memindai sistem Anda secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada virus atau malware yang tersimpan di dalamnya.

    Meskipun menyembunyikan aplikasi terdengar sepele, hal tersebut dapat membantu mencegah pemiliknya dari pencurian data. Ada beberapa cara untuk melakukannya di HP Android, mulai dari menggunakan fitur bawaan, menginstalasi third-party applications, hingga membuat akun Tamu atau mode privat. 

    Demikianlah solusi yang dapat pinloker gunakan untuk mewujudkan keamanan berlalu lintas data di handphone. Semoga informasi ini membantu Anda!

    Artikel Lainnya